Wednesday, 15 December 2010

Dibalik makna kata merdeka

Mail
jjmerdeka64 tahun Indonesia merasakan kemerdekaan dari ikatan penjajah. Pahlawan pahlawan yang telah gugur telah merenggut kemerdekaan dengan iklas dan tampa mengharapkan pamrih sedikipun dari kita. Mulai dari kerja rodi hingga pembayaran upeti yang melampaui batas telah di rasakan semua oleh para perjuang kita terdahulu, dengan tekad semboyan bhineka tunggal ika bermodal bambu runcing mereka berjuang dengan gigih dan semangat memporak porandakan penjajahan belanda dan sekutunya.
Kini kita telah merasakan nikmatnya kemerdekaan, kita tidak terbelenggu oleh huru hara kerja paksa, tidak lagi terbelenggu oleh sebuah kebebasan, kita dapat melakukan makan dan minum layaknya manusia biasa… hanya saja baiamana kita dapat mempertahankanya dan selalu

memajukan kemerdekaan itu dengan penuh makna yang sesungguhnya.
Sayangnya rakyat Indonesia saat ini telah salah mengartikan sebuah makna dari kata “merdeka”. Merdeka bukan berarti bebas dalam melakukan hal yang seenakanya sendiri bebas mencaci dan memaki, bebas berbusana dan mesum di mana - mana, merdeka bukanlah suatu kebebasan untuk melakukan korupsi dan selingkuh, merdeka bukan juga bebas dalam merusak fasilitas umum yang dilakukan oleh mahasiswa dalam berdemo, dan ketahuilah merdeka bukan juga bebas dalam melakukan pembunuhan, pemerkosaan.
Sungguh kita telah melakukan manipulasi terhadap kata merdeka yang sesungguhnya, Perlu kita simak lagi bahwa “merdeka” tidak hanya terbebas dari penjajahan belanda dan jepang saja, melainkan merdeka yang sejati lahir dan batin adalah merdeka dari penjajahan nafsu kita sendiri, yang selalu menunggangi kita dan memperbudak diri kita, selalu menginingkan untuk menganggab benarnya sendiri, dan selalu menang sendiri, keminter, serakah, angah angah.
Merdeka yang sejati lahir dan batin adalah dengan rela hati dan rendah hati mau memaksa untuk meredam kepentingan kepentingan yang semata di inginkan oleh  nafsu kita sendiri.
semoga kita semua dapat memahami makna merdeka yang sesungguhnya hingga dapat memberikan kebaikan kepada negara dan kehidupan bersama pula…. 
salam anak bangsa......

Indonesiaku

bertAtah indah pEna” tAjam diatas kertas

meratap joretan” pisau pembunuh anak cucu

bUkan aku jika tAk bAhagia

kArna aku bUkan mereka

nEgara indah bukan karna budaya

satu bineka jUjur adiL tEgas
itulAh aku pngkUasa bAngsaku

nyAta yG tAk brdAya dLam air mAta
siapa aku tanya diriku
mNgapa aku bgini
tanya mereka
yAng brtAngung jAwab atas dosa
yg tlah aku prbUat ..

0 comments:

study
study
study
study
study
study
study
study
study
study
====================================================================================================

================================================================================================================================

Jangan lupa shering with me ya, thank's
Klik di sini
Selamat berkunjung dolorr....
======footer1==== Sumber : http://costumstudy.blogspot.com